FAQ SIMAK UI


Hai,
Terima kasih bagi teman-teman yang sudah membaca blog aku tentang pengalamanku ikut SIMAK UI: https://novzul.blogspot.com/2018/03/pengalaman-simak-s2-universitas.html .
Karena banyak yang masih bertanya tentang SIMAK UI di kolom komen maupun via email, kali ini aku akan bahas pertanyaan-pertanyaan yang biasa teman-teman tanyakan, khususnya untuk SIMAK pascasarjana dan FEB UI berdasarkan hasil observasi dan pengalamanku sendiri.
Semoga bermanfaat J

#1
Q: Apa itu SIMAK UI?
A: SIMAK UI adalah seleksi masuk UI terpadu untuk berbagai jenjang dan program pendidikan yang ada di UI. 

#2
Q: Berapa kali pembukaan SIMAK UI setiap tahunnya?
A: SIMAK UI biasanya dibagi menjadi 3 gelombang pendaftaran dan pelaksanaan di setiap tahunnya.
§   Gelombang 1 à dibuka setiap bulan Februari untuk perkuliahan/tahun ajaran di tahun berjalan (September atau semester ganjil).
§      Gelombang 2 à dibuka setiap bulan Juni untuk perkuliahan/tahun ajaran di tahun berjalan (September atau semester ganjil).
§   Gelombang 3 à dibuka setiap bulan Oktober untuk perkuliahan/tahun ajaran di tahun berikutnya (Februari atau semester genap, jika program studi yang dituju membuka TA semester genap).

#3
Q: Apa saja persyaratan dan bagaimana cara mendaftar SIMAK UI?
A: Untuk mengetahui persyaratan dan mendaftar SIMAK UI, kamu harus masuk ke situs www.penerimaan.ui.ac.id dan mengikuti langkah-langkah pada panduan pendaftaran.

#4
Q: Apa saja persyaratan jurusan yang kita tuju? Apakah harus dari S1 yang linear atau bisa dari semua disiplin ilmu?
A: Persyaratan terkait latar belakang pendidikan S1 tergantung pada jurusan S2 yang dituju. Beberapa jurusan S2 seperti ilmu komputer, teknik, dll mengharuskan dari S1 yang linear. Namun beberapa jurusan S2 lainnya seperti manajemen, dll bisa menerima dari semua disiplin ilmu. Lengkapnya dapat dilihat pada link berikut http://penerimaan.ui.ac.id/period/requirement/2464.

#5
Q: Kapan lokasi ujian diumumkan?
A: Setelah kita selesai melakukan pendaftaran secara lengkap, akan muncul tempat, tanggal dan lokasi ujian.

#6
Q: Pakaian apa yang harus digunakan saat SIMAK UI?
A: Pakaian bebas namun tetap rapi.

#7
Q: Apa saja materi SIMAK UI?
A: Materi SIMAK UI terdiri dari TPA (Tes Potensi Akademik) dan Bahasa Inggris. Contoh soal SIMAK UI dapat dilihat di https://simak.ui.ac.id/download-2.html.

#8
Q: Apakah SIMAK UI hanya formalitas?
A: SIMAK UI merupakan proses seleksi yang dinilai dan menjadi acuan dalam penerimaan mahasiswa UI.

#9
Q: Kapan dan bagaimana pelaksanaan proses Interview?
A: Untuk beberapa fakultas tertentu, ada tahapan interview sebagai salah satu proses seleksi. Contohnya adalah di Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Proses interview ini dilakukan setelah ujian tulis SIMAK UI (kurang lebih 2 minggu setelah SIMAK UI). Peserta yang mengikuti proses interview ini merupakan peserta yang lolos pada tahap ujian tulis (meskipun belum diterbitkan pengumuman kelulusan SIMAK pada web). Proses seleksi ini dilakukan oleh pihak fakultas dengan jumlah interviewer satu sampai dua orang. Bahasa yang digunakan pada saat interview biasanya Bahasa Inggris. Hal-hal yang dibahas pada saat interview antara lain:
§       Perkenalan/identitas.
§       Background pendidikan, keluarga, pekerjaan/aktivitas saat ini.
§    Motivasi melanjutkan pendidikan pada jurusan yang sudah dipilih à Kamu harus bisa menjelaskan apa motivasimu melanjutkan pendidikan S2, misal apakah untuk karir? Jika untuk karir, bagaimana korelasi jurusan yang dipilih dengan karir kamu. Kamu juga harus bisa menjelaskan kenapa tertarik memilih jurusan tersebut, jika background S1 kamu tidak linear.
§       Finansial à Interviewer akan bertanya terkait dengan kondisi finansialmu. Apakah kedepannya kamu akan membiayai kuliahmu sendiri atau dengan menggunakan beasiswa. Sebagai saran, jika masih bingung dengan kondisi finansial (belum mendapatkan beasiswa tapi kondisi keuangan belum stabil), sebaiknya berterus terang dan jelaskan saja bahwa kamu sedang mencari beasiswa. Biasanya interviewer ataupun pihak fakultas akan memberikan beberapa informasi beasiswa yang bisa kamu cari.
§    Rencana di masa depan à Kamu harus tau apa rencanamu jika sudah menyelesaikan studi S2, dan korelasikan rencanamu tersebut dengan manfaat yang kamu dapat dari studimu nanti.
§    Prestasi pada saat berkuliah S1 ataupun di pekerjaan à Jika kamu pernah memiliki prestasi pada saat kuliah S1 seperti mendapatkan beasiswa, menjadi mahasiswa berprestasi, pengalaman riset, exchange program, dll. Atau jika kamu punya pengalaman menarik di pekerjaan saat ini seperti pernah terlibat dalam suatu project, pernah menciptakan program baru, dll, sebaiknya disampaikan kepada interviewer agar menjadi nilai tambah sebagai bahan pertimbangan.

Sebelum pelaksanaan interview, biasanya pihak fakultas akan menginformasikan melalui email dan memberikan instruksi agar kamu menyiapkan beberapa dokumen diantaranya:
§  Curriculum vitae terbaru
§  Copy ijazah dan transkrip nilai
§  Pas photo terbaru

#10
Q: Apakah proses interview hanya formalitas?
A: Proses interview merupakan salah satu proses seleksi (untuk beberapa fakultas tertentu) dan tidak menutup kemungkinan kamu tidak lolos seleksi meskipun ujian tulismu lolos.

#11
Q: Apakah peserta SIMAK UI yang berasal dari PNS (tugas belajar) lebih diprioritaskan untuk lulus?
A: Proses pelaksanaan SIMAK UI murni didasarkan pada kemampuan dan hasil nilai seleksi SIMAK. Jika non PNS memiliki nilai SIMAK yang lebih unggul dari PNS, maka dia yang akan lolos.

#12
Q: Apa perbedaan PPIM (Program Pascasarjana Ilmu Manajemen) dan MM (Magister Manajemen)?
A: PPIM biasanya bertujuan untuk kamu yang ingin berkarir sebagai dosen/akademisi, sedangkan MM biasanya diperuntukkan bagi praktisioner atau businessman. Kurikulum pendidikan antara PPIM dan MM juga berbeda (dapat dilihat di situs UI). Di PPIM, karena tujuannya adalah untuk menjadikan master of science, maka kamu akan dihadapkan dengan teori dan ilmu-ilmu dasar hingga yang terkini, serta akan banyak membedah jurnal-jurnal di setiap perkuliahannya. Tapi nggak semuanya mengenai teori dan penelitian kok, kamu juga akan banyak belajar tentang dunia praktik di luar sana apalagi dengan dosen-dosen yang ilmu dan pengalamannya keren abis. J

#13
Q: Jurusan apa saja yang menyediakan kelas karyawan?
A: Untuk rincian informasi jurusan dapat dilihat pada situs www.ui.ac.id .

#14
Q: Berapa biaya kuliah S2 UI dan bagaimana metode pembayarannya?
A: Mahasiswa yang diterima melalui jalur SIMAK UI membayar biaya pendidikan sesuai dengan program pendidikan berdasar SK Rektor. Untuk biaya kuliah biasanya terdapat perbedaan (kenaikan) sesuai dengan SK Rektor untuk setiap tahun ajarannya. Untuk detail biaya kuliah dapat dilihat pada https://www.ui.ac.id/pengantar-pendaftaran/biaya-pendidikan.html. Misal berikut biaya kuliah magister untuk tahun ajaran 2019/2020:
Metode pembayaran dilakukan pada setiap awal semester. Namun untuk semester ke-2 hingga selesai kita dapat mengajukan cicilan biaya kuliah dengan mengajukan surat dan mengisi form yang sudah disediakan oleh pihak fakultas. Cicilan untuk satu semester biasanya diangsur melalui 3 kali cicilan (50% cicilan pertama, 30% cicilan kedua, 20% cicilan ketiga).

#15
Q: Bagaimana dengan biaya kuliah untuk calon mahasiswa yang mengajukan tunda kuliah?
A: Bagi calon mahasiswa yang mengajukan tunda kuliah, maka biaya yang dibayarkan menyesuaikan dengan tahun ajaran yang diikuti. Misal, saya lulus SIMAK S2 UI untuk TA 2017/2018, namun mengajukan tunda kuliah dan aktif berkuliah pada TA 2018/2019, maka biaya mengikuti ketentuan TA 2018/2019.

#16
Q: Informasi tentang beasiswa.
A: Bagi kamu yang ingin berkuliah dengan beasiswa, dapat memanfaatkan beberapa program beasiswa yang sudah bekerja sama dengan UI seperti LPDP dari Kementerian Keuangan, Beasiswa Unggulan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, maupun beasiswa lainnya, pastinya dengan melalui proses seleksi yang sudah ditentukan oleh masing-masing lembaga. UI juga menginformasikan beberapa program beasiswa yang sedang dibuka untuk mahasiswa on going yang dapat diakses pada website UI.

#17
Q: Jika tidak lolos SIMAK UI pada tahun ini, apakah masih diperbolehkan untuk ikut di tahun berikutnya?
A: Yap, kamu bisa ikut lagi di tahun-tahun berikutnya selama masih memenuhi persyaratan sebagai calon mahasiswa UI.



Jika masih ada yang ingin ditanyakan, teman-teman bisa tanya melalui kolom komen di bawah ataupun melalui email. :)
Semoga bermanfaat, dan mohon doanya saat ini aku sedang menyusun tesis. Semoga tahun depan sudah wisuda. Aamiin.

See you and thank you :)

Comments

  1. Jika lulus simak ui thn 2020 dan sudah daftar ulang,akan tetapi memilih untuk mengambil univ lain,apakah hasil simak ui thn 2020 bisa digunakan untuk daftar ulang di thn 2021 sebagai mahasiswa baru ui?

    ReplyDelete

Post a Comment