2018, 365 days ahead



RESOLUSI, Perlukah?


Aku bukan orang yang pandai berencana atau menargetkan sesuatu dalam jangka waktu tertentu. Ya, intinya, aku nggak pandai berencana, menata waktu, dan konsisten untuk mewujudkan apa yang kurencanakan. Haha. I'm too lazy. :/

Tapi semakin tua usia dan semakin cepatnya perubahan zaman, semakin kita perlu untuk menata perencanaan hidup. Iya, itu yang terlintas di pikiranku di awal tahun 2018 ini. Why? Karena aku baru sadar di 2017 kemarin, there are so many things in life that I have to do. :/

Ngomongin rencana satu tahun ke depan, buat aku pribadi adalah lebih ke arah memperbaiki diri. Iya, setiap orang pasti selalu ingin jadi lebih baik, tapi kadang lupa bagaimana caranya. Kadang hanya jadi sebuah doa tanpa ikhtiar.

So, these are what I WILL DO in the next 365 days. :)) 

1. KULIAH MAGISTER
Kuliah adalah cita-citaku sejak SMA, sejak sadar bahwa pendidikan merupakan salah satu senjata paling ampuh untuk mengubah dunia. :))
Ya, gimana enggak, aku adalah salah satu orang yang amat sangat merasakan betapa pendidikan mengubah hidupku, mengubah pola pikir dan pandanganku, mengubah nasibku. 
Terus kenapa aku harus kuliah lagi? Karena aku rasa, setua apapun usia kita, selama apapun kita belajar, sebanyak apapun ilmu yang sudah kita cari, tetap nggak akan pernah cukup. Ibarat selama menjalani hidup kita perlu makan dan minum, begitu juga kita perlu ilmu.
Ya sebetulnya ilmu enggak hanya bisa kita dapet di bangku kuliah, tapi dimanapun dan dari siapapun. Tapi buatku, aku perlu ini. Karena aku belum cukup baik dalam berpola pikir, belum cukup handal dalam mengontrol emosi, belum cukup indah dalam berperilaku, belum pandai mengajar untuk bekal ilmu mengurus anak-anakku nanti. Aku masih harus banyak belajar. :))

Tapi yah, selain itu, belakangan ini aku punya cita-cita baru. Hehe. Someday I wanna be a part time lecturer. :))

Jadi, tahun 2018 ini, AKU AKAN KULIAH LAGI (YEAY).

2. HUNTING BEASISWA
Beasiswa buatku adalah hal yang gak asing. Iya, mungkin aku gak bisa jadi sarjana andai gak pernah dapet beasiswa. Hehe. Thanks God for Your blessings.
Tapi hunting beasiswa kali ini pastinya akan jadi pengalaman yang jauh berbeda. Meskipun belum tau mau hunting beasiswa dari lembaga apa aja, dan bakalan dapet atau enggak. Haha. Yang penting semangat dulu, niatnya diluruskan, ikhtiar semaksimal mungkin. Urusan berhasil atau gagal, udah jadi keputusan Allah. :))

Jadi, di tahun 2018 ini, apapun hasilnya nanti, I WILL BE A SCHOLARSHIP HUNTER. :))

3. READING & WRITING
WHY?
Beberapa tahun terakhir aku merasa kehilangan jati diri (lebay), kehilangan imajinasi (makin gak paham), kehilangan banyak semangat dan cita-cita yang dulu pernah ada (eaa). Terus apa hubungannya sama baca dan nulis?
Dulu aku hobi banget baca novel, artikel (yang dimengerti aja) ataupun komik (especially conan). Membaca menurutku memberikan spirit baru, dan juga ide atau gagasan baru. Membaca sesuatu yang positif, akan memberikan jiwa dan pikiran kita energi yang positif, dan secara otomatis bisa menggiring kita untuk melakukan hal yang positif. Seenggaknya itu yang pernah aku rasakan.
Dan menulis, hal apapun yang kita tulis, pastinya kita mau tulisan itu bisa dibaca dengan baik atau meninggalkan kesan/pesan yang baik. Menulis buatku bisa melatih cara pandang, melatih berpikir sebelum berbicara, melatih brain storming,  memaksa kita berpikir hal yang baik-baik aja (positif). Ya, lagi-lagi pada akhirnya akan memaksa kita melakukan hal yang positif.

Jadi, di tahun 2018 ini, salah satu rencanaku adalah MEMBACA dan/atau MENULIS MINIMAL SATU BUKU/ SATU TULISAN dalam SATU BULAN. :))

4. TRYING TO BE AN ENTREPRENEUR
Salah satu hal yang masih jadi PR di pikiranku, apa iya kita belajar dan sekolah tinggi-tinggi, tapi hanya untuk jadi sebatas pegawai?
Aku nggak meremehkan atau nggak mensyukuri pekerjaanku sekarang. I thank God for it. Hanya saja, aku rasa setiap orang itu wajib menggunakan ilmunya untuk menciptakan karya atau usahanya sendiri. Apalagi di era ini, semua orang berlomba-lomba jadi pengusaha dari pengusaha kecil sampai besar. Dari orang yang gak sekolah sampe yang sekolahnya tinggi.
Hey, orang yang gak sekolah aja bisa punya karya yang amazing, yang gak kita sangka-sangka. Jadi aku? Sudah jadi kewajiban untuk mengamalkan ilmuku yang sedikit ini untuk membuat sebuah karya. Whatever it is.
Andai setiap orang yang sempat mengenyam pendidikan itu bisa sekeren pemikiran dan karyanya orang yang gak sekolah tapi bisa sukses, mungkin negara kita bisa jadi negara yang maju. I think. :))

Jadi, 2018 ini I WILL TRY TO BE AN ENTREPRENEUR. :))

5. TIME MANAGEMENT
Hal yang paling aku gak suka (nyaris benci) dari diriku sendiri adalah SUKA MENUNDA-NUNDA. :((
Ini aku alami sejak masih sekolah. Iya, karena paling berasa kalo udah sering nunda-nunda belajar buat ujian, nunda ngerjain PR/tugas, dan akhirnya nyesel sendiri. Tapi gak pernah berubah, masih terus berlangsung sampe sekarang.
Sadar gak sih, dengan kebiasaan menunda-nunda itu dampaknya apa aja? Dampak yang paling besar adalah, penumpukan si "menunda-nunda" itu akan menjadi kegagalan dan hilangnya kepercayaan. Itu yang terburuk yang pernah aku alami. :((

So di 2018 ini, PLEASE NOV, DO A SELF HYPNOSIS, aku gak akan menunda-nunda hal apapun lagi. I'll try. :/

6. MORE TRAVELING
"Your mental health, emotional health and spiritual health, are all just as important as your physical health!".
Rasanya kalo ini udah gak perlu dijelasin lagi. :))
Intinya, tubuh dan pikiran kita berhak istirahat, berhak refreshing. Dan Allah baik banget, menempatkanku di Indonesia yang kaya dengan keindahan alam. Allah baik banget, menciptakan dunia yang indahnya tak terkira. 

2018, EVERYONE WANTS TRAVELING! :))

7. STAY POSITIVE 
The last thing, hal yang PALING SULIT aku lakukan. 
Aku percaya, pikiran yang positiv akan menuntun kita untuk berpikir, berbicara dan berperilaku dengan baik. Yang pada akhirnya, akan menjadikan hubungan yang baik juga dengan sesama manusia lainnya.
Tapi masalahnya adalah, kita terlalu sering (aku terlalu sering) berpikir negatif dan akhirnya menimbulkan emosi negatif, ucapan dan perilaku yang negatif. :((
But everyone always has a chance to change, right?

ALWAYS TRY TO STAY POSITIVE! :))

---

Jujur, ini first time aku niat banget bikin resolusi. Semoga bukan hanya sekedar resolusi tapi juga aksi.
Ohya, gak semua aku tulis disini. Ada beberapa hal yang aku rasa belum saatnya aku share di tulisan kali ini. Iya misalnya tentang resolusi NIKAH. Haha.
Karena gak aku tulis, bukan berarti rencana itu nggak ada. Doain aja. :))

Inti dari resolusi ini adalah, I WANT TO BE A BETTER PERSON.
I know I will die someday, and I want to keep doing good before I die. :))

***


Comments